sekarang sangat jauh berkembang. Dengan perkembangan
teknologi yang sangat pesat membuat proses pembelajaran lebih cepat dan
efektif. Kita masih ingat untuk mendapatkan sebuah bacaan berupa buku sangat
sulit, apalagi di tempat-tempat pelosok. Mereka hanya bisa mengandalkan
guru-guru mereka sebagai sumber tunggal materi. Berbeda dengan sekarang,
perkembangan teknologi telah membawa banyak perubahan bagi dunia pendidikan.
Sebut saja teknologi yang sangat berperan penting adalah layanan internet.
Hanya mengetik kata yang berhubungan dengan informasi yang kita ingin cari pada
web search engine, maka dengan cepat kita akan mendapatkan informasi tersebut.
Berikut beberapa definisi teknologi pendidikan :
Suatu cara yang sistematis dalam mendesain, melaksanakan,
dan mengevaluasi proses keseluruhan dari belajar dan pembelajaran dalam bentuk
tujuan pembelajaran yang spesifik, berdasarkan penelitian dalam teori belajar
dan komunikasi pada manusia dan menggunakan kombinasi sumber-sumber belajar
dari manusia maupun non-manusia untuk membuat pembelajaran lebih efektif.
Dengan demikian, sejak tahun 1970an, sudah ada pandangan bahwa manusia (dalam
hal ini guru ) bukanlah satu-satunya sumber belajar.
Menurut Tom Cutchall (1999) teknologi pendidikan merupakan
penelitian dan aplikasi ilmu perilaku dan teori belajar dengan menggunakan
pendekatan sistem untuk melakukan analisis , desain, pengembangan,
implementasi, evaluasi dan pengelolaan penggunaan teknologi untuk membantu
memecahkan masalah belajar dan kinerja. Tujuan utamanya adalah pemanfaatan
teknologi untuk membantu memecahkan masalah belajar dan kinerja manusia
Teknologi pendidikan adalah satu bidang dalam memfasilitasi
belajar manusia melalui identifikasi, pengembangan, pengorganisasian dan
pemanfaatan secara sistematis seluruh sumber belajar dan melalui pengelolaan
proses kesemuanya itu. Obyek formal menurut pengertian ini adalah bagaimana
memfasilitasi belajar.
Teknologi Pendidikan adalah proses kompleks yang
terintegrasi meliputi orang, prosedur , gagasan, sarana dan organisasi untuk
menganalisis masalah dan merancang, melaksanakan, menilai dan mengelola
pemecahan masalah dalam segala aspek belajar manusia. Obyek formal teknologi
pendidilkan adalah memecahkan masalah belajar manusia. Dilakukan dengan cara
menganalisis masalah terlebih dahulu, baru kemudian melaksanakan, menilai dan
mengelola pemecahan masalah tersebut.
Definisi terbaru, teknologi pendidikan adalah studi dan
praktek etis dalam upaya memfasilitasi pembelajaran dan meningkatkan kinerja
dengan cara menciptakan, menggunakan atau memanfaatkan, dan mengelola proses
dan sumber-sumber teknologi yang tepat.
Jelas, tujuan utamanya masih tetap untuk memfasilitasi
pembelajaran (agar efektif, efisien dan menarik) dan meningkatkan kinerja.
Berdasarkan definisi-definisi diatas dapat disimpulkan
bahwa:
Teknologi pendidikan adalah suatu disiplin /bidang (field of
study)
Istilah teknologi pembelajaran dipakai bergantian dengan
istilah teknologi pendidikan
Tujuan utama teknologi pembelajaran adalah o Untuk
memecahkan masalah belajar atau memfasilitasi pembelajaran; dan o Untuk
meningkatkan kinerja ;
Dalam mewujudkan tersebut menggunakan pendekatan sistemi
(pendekatan yag holistik/komprehensif, bukan pendekatan yang bersifat parsial);
Kawasan teknologi pendidikan dapat meliputi kegiatan yang
berkaitan dengan analisis, desain, pengembangan, pemanfaatan , pengelolaan,
implementasi dan evaluasi baik proses-proses maupun sumber-sumber belajar.
Teknologi pembelajaran tidak hanya bergerak di persekolahan
tapi juga dalam semua aktifitas manusia (seperti perusahaan, keluarga ,
organisasi masyarakat, dll) sejauh berkaitan dengan upaya memcahkan masalah
belajar dan peningkatan kinerja.
Yang dimaksud dengan teknologi disini adalah teknologi dalam
arti yang luas, bukan hanya teknologi fisik (hardtech), tapi juga teknologi
lunak (softtech).
Sumber : http://www.artikelbagus.com/2012/03/artikel-teknologi-pendidikan.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar